0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wonogiri Kekurangan Satpam Sekolah

Kasat Binmas Polres Wonogiri, AKP Suyatno (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri —  Jumlah Satpam (Satuan Tenaga Pengamanan) yang berada di satuan pendidikan atau sekolah di wilayah Wonogiri sampai saat ini masih jauh dari kata ideal. Perlu penambahan personel mengingat luas cakupan kerjanya yang komplek.

“Paling banyak dalam satu sekolah itu ada 2 Satpam, malah masih banyak yang cuma satu Satpam saja. Padahal di sisi lain, yang menjadi wilayah kerjanya sangat komplek. Tak hanya fisik sekolah, termasuk murid, dan keluarga besar sekolah, ” tutur Kapolres Wonogiri AKBP Tanti Septiyani diwakili Kasat Binmas AKP Suyatno, usai mengikuti HUT Satpam ke-32 di Mapolres setempat, Rabu (9/1).

Idealnya, menurut AKP Suyatno, satu sekolah mempunyai 3 atau 4 tenaga Satpam. Tetapi, kebijakan ini mutlak tergantung pihak sekolah. Pasalnya, besar-kecilnya jumlah Satpam merupakan wewenang pengguna. Polres hanya memberikan himbauan.

“Selama ini Satpam di Wonogiri sudah sangat membantu tugas-tugas kepolisian. Meskipun terbatas pada lingkup kerja mereka. Dan sebenarnya masih bisa ditingkatkan lagi, salah satunya ya dengan penambahan personel tadi, ” ungkapnya.

Untuk jumlah Satpam di perusahaan dan instansi lainnya, lanjut AKP Suyatno, terhitung cukup ideal. Sangat sesuai dengan kebutuhan di wilayah kerjanya. Soal total Satpam di Wonogiri dia menyebut angka 234 personel.

“Supaya kemampuan dan kecakapan Satpam meningkat, kita mengadakan pembinaan berkala. Dan satu bulan sekali ada pembinaan secara bergilir di Mapolres,” tambahnya.Sementara dalam upacara HUT Satpam tersebut, diikuti kegiatan penyerahan hadiah bagi pemenang dalam lomba kemampuan Satpam.

Peringkat pertama ditempati Sukardi (PT Deltomed Laboratories) mengumpulkan total jenderal nilai 1.598, disusul juara kedua Nanang Santosa (Bank Jateng Cabang Wonogiri) dengan 1.593 poin, terakhir Agus Widodo (Air Mancur), 1.546 poin. Poin yang dinilai di antaranya, beladiri, ketrampilan dasar dan kecakapan Satpam.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge