0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPRD Wonogiri: Proyek Waduk Pidekso Tidak Beres

Gedung DPRD Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri —  Tak hanya Bupati Danar Rahmanto yang menyoroti proyek pembangunan Waduk Pidekso di Giriwoyo, Wonogiri. Kalangan legislatif ikutan angkat bicara. Mereka menganggap proyek itu tidak beres.

Legislator mengatakan, lokasi bakal Waduk Pidekso tidak masuk dalam peraturan daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Wonogiri. Itu sebabnya, jika pemerintah pusat ngotot membangun waduk, solusinya tentu butuh perubahan Perda RTRW. Padahal, perubahan Perda baru bisa dilaksanakan tahun 2016 nanti.

Ketua Komisi C DPRD Wonogiri, Setyo Sukarno, Rabu (9/1) mengatakan baru bisa dilakukan revisi perda RTRW pada tahun 2016. Sebab, perda baru ditetapkan ditetapkan 2011 lalu. Padahal, semua kegiatan atau pembangunan harus menggunakan Perda RTRW sebagai acuan.

“Adalah hal yang sangat mustahil seandainya pemerintah memutuskan kebijakan yang menyalahi aturan. Membuat perbuatan yang tidak sesuai perda RTRW. Satu-satunya cara ya merevisinya. Tapi butuh waktu, sebab baru bisa dilakukan sejak 5 tahun sesudah ditetapkan,” katanya.

Anggota Komisi D, Ngadiyono menyoroti adanya kegiatan-kegiatan terkait masalah harga tanah atau ganti rugi. Dia mengujarkan kegiatan tersebut dilakukan tanpa pernah melakukan koordinasi dengan Pemkab dan DPRD.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge