0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lawan Hama Ulat Keong!

Warga menunjukkan batang pohon sengon laut putih yang mengering diserang hama ulat keong. (Dok.Timlo.net/ Aris Arianto)

Wonogiri — Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Wonogiri telah menyiapkan ramuan alami dalam mengatasi serangan hama ulat keong di Desa Jatimarto Kecamatan Ngadirojo. Ramuan tersebut dikategorikan pestisida dan terbuat dari larutan daun suren.

Kepala Dishutbun Wonogiri, Sri Jarwadi mengatakan, serangan hama ulat keong yang menyerang puluhan hektar lahan tanaman sengon laut putih, baru pertama kali terjadi di Wonogiri. Itulah sebabnya, perlu beberapa hari untuk mencari solusi penanganannya.

Pihaknya kemudian memutuskan menghadapi serangan itu dengan pestisida. Petugas penyuluh lapangan (PPL) disuruh membuat larutan dari daun suren yang merupakan bahan pestisida alami. Pestisida itu akan disuntikkan ke bagian batang atau melalui akar agar masuk ke jaringan pohon. “Kami berharap larutan itu bisa memperlambat penyebaran ulat di pohon sengon. Semoga saja bisa berhasil. Kami juga menghimbau untuk memotong ranting dan dahan yang sudah mengering agar mencegah penyebarannya,” ujar Sri Jarwadi di ruangannya, Selasa (8/1).

Namun, diakuinya, solusi itu belum bisa dikatakan paling tepat. Selain belum dibuktikan, kemungkinan masih ada cara lain yang lebih ampuh. Sehingga pihaknya juga akan melaporkan kejadian itu ke Provinsi Jawa Tengah. “Mungkin saja ada obatnya dan pernah ada kasus seperti itu di daerah lain. Perlu pula rembugan dengan Kabupaten Karanganyar, sebab dugaan awal penyebaran ulat dari sana,” tukas mantan Direktur PDAM Giri Tirta Sari Wonogiri ini.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge