0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sapi Korban Merapi Mulai Diganti

389 Ekor Sapi Disalurkan

Klaten – Dinas Pertanian (Dispertan) Pemkab Klaten mulai menyerahkan 398 ekor sapi ke Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten, Selasa (21/12).

Bantuan sapi itu diperuntukan bagi warga Balerante yang sapi miliknya mati karena erupsi Merapi beberapa waktu lalu. Lokasi ini paling banyak ternak sapi yang mati, yakni 330 ternak dari 389 ternak sapi yang diganti secara keseluruhan di Klaten. Sisanya sekitar 50 ekor bagi mereka yang diluar Balerante.

Kepala Bidang Peternakan Dispertan Klaten, Ir Sri Muryani MSi, mengatakan, penggantian sapi disesuaikan dengan jenis dan umur sapi. “Saya harap sapi yang sudah diterima harus dirawat dengan baik,” ujarnya dihadapan warga Balerante.

Meski bantuan tidak sama dengan nilai sapi yang mati, warga sudah sangat tertolong. Sapi yang mati dilibas awan panas, rata-rata usianya sudah dewasa dengan harga jual Rp 12 juta.

Ternak itu disalurkan ke warga secara berkelompok  setelah sebelumnya didata dan menyerahkan syarat-syaratnya. Setelah valid dan dicek pemiliknya, akhirnya disalurkan. “Warga akan menggunakan sapi bantuan itu untuk memulai kehidupan baru,” imbuhnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge