0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPRD Solo Pertanyakan Kinerja Tim Survei Bangunan Sekolah

Abdul Ghofar Ismail (Dok.Timlo.net/daryono)

Solo – Masih adanya bangunan sekolah yang tidak terawat mengundang reaksi kalangan DPRD Solo. DPRD mempertanyakan kinerja tim survei kelayakan bangunan sekolah yang dibiayai APBD tahun lalu

“Guna perbaikan sekolah-sekolah, di 2012 lalu telah dianggarkan dari APBD 2012 untuk rehab sekolah  sebesar Rp 5 miliar. Dari anggaran itu, Rp. 250 juta dimanfaatkan untuk pembentukan tim survei kelayakan bangunan sekolah. Nah, kami belum tahu, apakah tim ini sudah bekerja atau belum,” ujar Sekretaris Komisi IV DPRD Solo, Abdul Ghofar Ismail kepada Timlo.net, Minggu (6/1).

Dikatakan Ghofar, tim yang dibentuk itu diharapkan dapat mengukur kelayakan bangunan secara akurat. “ Silahkan menggandeng Dinas Pekerjaan Umum (DPU) atau kalangan akademisi, yang penting bisa menilai kelayakan bangunan,” ujarnya.

Menurut Ghofar, keberadaan tim tersebut dinilai penting, mengingat selama ini penilaian kondisi bangunan hanya didasarkan laporan evaluasi diri sekolah (EDS). “ Kalau hanya dari laporan guru sekolah, pertanyaannya apakah guru sekolah itu memahami masalah bangunan ? Kami takutnya, yang dilaporkan hanya temboknya yang rusak, sementara atapnya ternyata juga sudah rapuh,” urainya.

Jika tim survei  sudah berjalan, sambung Ghofar, semestinya untuk pembangunan sekolah di tahun selanjutnya, seperti 2013 nanti sudah bersumber dari data tim survei tersebut. “Kalau datanya sudah ada, dan dilakukan secara mendasar oleh tim yang kompeten, maka Disdikpora pun akan mantab melangkah,” lanjutnya.

Menanggapi mengenai ditemukannya lagi sekolah yang mengalami kerusakan hingga membahayakan warga sekolah di SD Tumenggungan 28, Komisi IV juga akan mengklarifikasi apakah sekolah tersebut telah masuk dalam daftar tim survei. “Nah, kita akan lihat nanti. Kenapa masih ditemukan yang seperti itu. Pertanyaannya, apakah SD Tumenggungan 28 itu sudah masuk daftar tim survei atau memang ada bangunan yang lebih parah lagi,” ujar Ghofar.

 

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge