0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pintu WGM Dibuka Lebih Lebar

Pintu Waduk Gajah Mungkur (Dok.Timlo.net/ Aris Arianto)

Wonogiri — Lantaran ketinggian air tak juga mencapai batas ambang normal, pintu air WGM (Waduk Gajah Mungkur) Wonogiri dibuka lebih lebar lagi. Sekarang debit yang dikeluarkan mencapai 150 meter kubik per detik.

Sebelumnya, pintu 2 dan 3 mengeluarkan debit masing-masing 50 meter kubik. Menyusul hujan deras di bagian hulu, air tak juga surut. Alhasil, kedua pintu dibuka lebih lebar lagi.

“Ternyata di hulu masih saja hujan deras. Pasokan air kian berlimpah, sehingga kita buka lebih lebar lagi. Sampai mencapai ambang normal sekitar 135,50 meter di atas permukaan laut. Jam 12 siang tadi mencapai 135,67, ” kata Kepala Divisi Jasa Air dan Sumber Air (ASA) IV Perum Jasa Tirta (PJT) I Wilayah Sungai Bengawan Solo, Winarno Susiladi saat ditemui  di ruang kerjanya, Selasa (8/1).

Langkah itu dilakukan karena ketinggian muka air di Sungai Bengawan Solo yang ada di hilir dalam keadaan hijau mendekati normal. Ditambah lagi, tidak ada hujan bersamaan antara hulu dengan hilir.

“Jika ada keadaan, darurat seperti ketinggian air di pintu di atas normal sementara di  hulu dan hilir turun hujan bersamaan, kami akan tetap membuka pintu bendung. Ini agar aman dan telah sesuai standar operasional prosedur. Kami tidak ingin terjadi hal buruk, seperti bendungan yang jebol dan malah memberikan dampak yang lebih luas,” imbuhnya.

Sebelumnya, dua pintu air mulai dibuka, Senin (7/1) sekitar pukul 12.00 WIB. Air yang dikeluarkan mencapai 100 m3/detik, ketinggian air saat itu mencapai 135,70 mdpl.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge