0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wujudkan Kemandirian Pangan Nasional

Pemkab Klaten Siap Dongkrak Produksi Pertanian

Bantuan sejumlah mesin pertanian (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten telah melakukan berbagai upaya dalam mendukung program kemandirian pangan nasional yang dicanangkan oleh pemerintah pusat. Upaya dimaksud antara lain dengan menyerahkan bantuan sejumlah alat mesin pertanian (Alsintan) untuk meningkatkan produksi pertanian.

Demikian diungkapkan Kepala Dispertan Klaten, Wahyu Prasetyo, pada acara penyerahan Alsintan berupa 4 unit alat mesin panen (Combine Harvester) di aula dinas setempat, Selasa (8/1).

Serah terima dilakukan langsung oleh Bupati Klaten Sunarno kepada perwakilan penerima. Hadir dalam kegiatan itu Wakil Bupati Sri Hartini, pimpinan DPRD, kepala SKPD terkait dan undangan lainnya.

“Bantuan Alsintan yang diserahkan pada kelompok tani berasal dari dana APBN tahun 2012, yakni berupa 100 unit hand traktor, satu unit alat tanam (transplanter) dan empat unit mesin alat panen (Combine Harvester),” ujar Wahyu.

Selain bantuan tersebut, kata Wahyu, juga bantuan dari APBD Klaten berupa 20 unit hand traktor, 38 unit pompa air, lima unit alat tanam dan sembilan unit hand traktor yang dialokasilkan untuk lima Unit PelaksanaTeknis (UPT) Pertanian.

Khusus alat mesin panen, dijelaskan Wahyu, dialokasikan kepada empat Gapoktan di empat wilayah kecamatan, meliputi Desa Sidawayah (Polanharjo), Pakisan (Cawas), Jimbung (Kalikotes) dan Kecamatan Gantiwarno.

“Pengelolaanya nanti sepenuhnya diserahkan kepada Gapoktan yang mengelola usaha jasa alat mesin pertanian. Mengenai pengenaan tarip biaya pengelolaan dan operasionalnya nanti akan ditentukan sendiri oleh Usaha Pelayanan Jasa Alintan (UPJA) masing-masing,” jelas Wahyu.

Disamping itu, kata Wahyu, pemerintah juga mengaloikasikan bantuan berupa 28 unit Laptrap (lampu perangkap hama). Dengan peralatan ini diharapkan sejak dini sudah diketahui adanya serangan hama, sehingga penyebarannya bisa ditanggulangi.

Sementara itu, Bupati Klaten, Sunarno, berharap agar bantuan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin agar produksi pertanian, khususnya padi, dapat mengalami peningkatan. Sehingga mampu mewujudkan tercapainya peningkatan kesejahteraan masyarakat petani.

“Dengan meningkatnya produksi padi maka secara langsung turut mendukung terwujudnya kemandirian pangan, khususnya padi secara nasional,” ujar Bupati.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge