0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waspadai DBD, Kebutuhan Trombosit di Klaten Melonjak

Stok darah PMI (Dok.Timlo.net)

Klaten – Memasuki musim penghujan, permintaan trombosit ke PMI Kabupaten Klaten mengalami peningkatan. Pada pekan pertama Januari 2013 ini saja sudah ada permintaan trombosit untuk 11 pasien.

Data dari PMI Kabupaten Klaten, pada bulan Desember 2012 kebutuhan trombosit mencapai 71 pasien. Sementara data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, sepanjang tahun 2012 ada 82 pasien penderita demam berdarah dengue (DBD). Sedangkan pada awal Januari 2013 ini sudah ada tujuh pasien terjangkit DBD.

“Kebutuhan trombosit untuk transfusi darah biasanya identik dengan kasus DBD. Hal itu lantaran pasien banyak kehilangan trombosit dalam darah,” ujar Direktur Unit Donor Darah PMI Kabupaten Klaten, Kuswanjana, Selasa (8/1).

Ia mengatakan, peningkatan kebutuhan trombosit juga berhubungan dengan musim penghujan. Hal ini disebabkan oleh jentik-jentik nyamuk penyebab DBD yang mudah berkembang biak di genangan air.

“Meski kebutuhan trombosit mengalami peningkatan, namun stok darah di PMI Kabupaten Klaten masih mencukupi,” ujar Kuswanjana.

Terpisah, Kasi Pencegahan Penyakit Bersumber Binatang Dinkes Klaten, Herry Martanto, mengatakan kebutuhan trombosit merupakan salah satu indikator penyakit DBD. Dimana grafik peningkatan penderita DBD selalu terjadi saat memasuki musim penghujan.

“Grafik DBD biasanya mengalami peningkatan dari Desember hingga Maret. Sedangkan pada bulan April sudah mengalami penurunan. Biasanya penyakit yang ditularkan nyamuk Aedes Aegypti tersebut mulai muncul pada bulan November,” ujar Herry.

Herry menjelaskan, sepanjang 2012 sudah ada dua pasien meninggal dunia karena DBD. Sedangkan pada awal Januari 2013 ini, ada tujuh pasien yang terjangkit DBD. Kasusnya tersebar di beberapa wilayah di Klaten.

“Musim penghujan seperti ini kewaspadaan terhadap DBD perlu ditingkatkan. Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat agar selalu berperilaku hidup bersih dan sehat,” imbuhnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge