0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penjualan Diproyeksikan Tumbuh 20%

Solo Jadi Pasar Empuk Sepeda Motor

THE ALL NEW BEAT FI-Model berpose di atas varian anyar Honda, The All New Beat-Fi dalam peluncurannya di Solo Paragon Lifestyle Mall, Sabtu (10/11). (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Kota Solo tak bisa dipungkiri telah menjadi salah satu kawasan subur bagi pergerakan sektor jasa dan perdagangan. Tak terkecuali dengan industri otomotif, kota yang belakangan tumbuh pesat dari sisi ekonomi ini kini menjadi pasar empuk bagi penjualan kendaraan roda dua.

Sebagai gambaran, di sepanjang 2012 lalu saja penjualan sepeda motor Honda di Kota Bengawan mampu tembus di angka 22 ribu unit. Jumlah ini, menurut Area Sales Manager Kurnia Kasih, Suharto, naik lima persen dari penjualan tahun sebelumnya.

Kenaikan penjualan sendiri diperkirakan masih akan terus bertambah pada 2013 ini yang mencapai 15 persen hingga 20 persen. “Faktor pendukungnya ada di sisi kebutuhan masyarakat. Terus juga karena peremajaan sepeda motor dan dari sisi peningkatan ekonomi masyarakat,” jelasnya, saat ditemui wartawan di dealer setempat, Selasa (8/1).

Dengan market share yang hampir menyentuh angka 70 persen pada 2012, penjualan Honda di Kota Bengawan tahun ini diyakini mampu tembus di kisaran 27 ribu unit. Terlebih dalam waktu dekat Astra Honda Motor bakal merilis dua varian sport guna menopang ketangguhan Honda di pasar kendaraan roda dua.

Manisnya pasar otomotif di Kota Bengawan rupanya bukan hanya dirasakan Honda saja, namun turut dicicipi pula oleh kompetitor terdekat, Yamaha. Di sepanjang 2012, produk Yamaha berhasil dilepas ke kawasan Soloraya yang rata-rata jumlahnya mencapai 5500 unit perbulan.

Sebagaimana Honda, pada 2013 ini, dikatakan Area Marketing Development PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Soloraya, Anggoro Cipto, penjualan sepeda motor Yamaha di kawasan Soloraya bakal bertumbuh 20 persen.

Optimisme ini didukung rencana pabrikan yang bakal merilis sejumlah varian anyar dalam waktu dekat. Selain melakukan penyegaran pada varian matic, Yamaha nantinya juga akan menghadirkan generasi anyar dari tipe cub atau bebek.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge