0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awas! Air Genangan Banjir Sebabkan Sakit Kulit

Dokter PMI Kota Surakarta, dr Bety Prasetyawati memeriksa salah satu warga dalam pengobatan gratis di lokasi banjir, Sangkrah, Pasar Kliwon (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Banjir dan hujan masih menjadi ancaman. Untuk menyikapi kondisi tersebut, masyarakat diminta menjaga kebersihan dan pola makan yang sehat.

Hal itu disampaikan dokter PMI Kota Surakarta, dr Bety Prasetyawati, di sela pengobatan gratis di Kampung Dadapan RT 02/ RW 13 Sangkrah, Pasar Kliwon. “Musim hujan dan banjir seperti saat ini memang rawan penyakit pilek, diare, nyeri dan penyakit kulit,” ujarnya kepada Timlo.net, Selasa (8/1).

Menurut dokter Betty, genangan air yang sulit dihindari saat banjir menyebabkan timbulnya penyakit kulit. “Harusnya setelah kena air genangan itu dicuci bersih dengan antiseptik atau sabun. Tapi mungkin juga susah ya mengingat kondisi banjir,” ungkapnya.

dr Bety Prasetyawati  meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan dan pola makan. “Kebersihan harus dijaga, makan juga upayakan teratur,” imbuhnya.

Untuk penangan yang sakit, lanjut dr Bety, diberikan obat sesuai sakit yang diderita. Sedangkan untuk penyakit kulit diberikan salep dan obat dalam.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge