0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bekas Mobil Jokowi Laku Rp 85,9 Juta

KIA Sedona AD 45 A bekas mobil dinas Jokowi yang dilelang (timlo.net - dhefi)

Solo — Bekas salah satu mobil dinas Jokowi laku terjual Rp 85,9 juta. Mobil jenis MPV dengan merk KIA Sedona tahun 2004 tersebut oleh Pemkot dilelang di antara ratusan kendaraan bermotor lainnya.

Orang yang beruntung bisa memiliki salah satu bekas mobil dinas mantan Walikota Solo Jokowi –yang baru saja dinobatkan sebagai walikota terbaik ketiga di dunia– tersebut adalah Suyatno, warga Klaten. Dalam lelang yang diselenggarakan Selasa (8/1), Suyatno mengalahkan 28 penawar lainnya yang memperebutkan mobil yang sama.

Mobil berplat nomor AD 45 A berwarna hitam metalik tersebut berada pada urutan 31 dari daftar lelang yang diselenggarakan di kompleks Balaikota Solo. Nilai penawaran awal yang ditetapkan oleh panitia lelang sebesar Rp 24,8 juta. Hanya, pada saat dilakukan lelang, wartawan tidak bisa menjumpai Suyatno, sang pemenang lelang mobil tersebut. Informasi yang didapat, Suyatno tidak menghadiri acara lelang.

Saat masih menjabat sebagai Walikota Solo, Jokowi menjadikan mobil yang bertransmisi otomatis dan berkapasitas mesin 2.500 cc tersebut sebagai mobil dinas keduanya. Sementara, mobil dinas utamanya adalah Toyota Camry, yang kini masih dioperasikan oleh Pemkot Solo sebagai mobil tamu Pemkot.

Secara keseluruhan, jumlah bekas kendaraan dinas Pemkot Solo yang dilelang tahun ini sebanyak 334 kendaraan bermotor. “Terdiri dari 13 truk, 31 mobil dan 290 sepeda motor,” kata Pejabat Lelang Kantor Pelayanan Negara dan Lelang kota Solo, Agus Dwi Martono.

Menurutnya, lelang diikuti oleh 700 orang dengan jumlah formulir total yang disediakan 6000 formulir. Dalam pelaksanaannya, seorang penawar mengikuti lebih dari satu jenis penawaran lelang. “Ada yang ikut 10 bahkan lebih,” tuturnya.

Lelang tersebut tak hanya diikuti oleh peserta dari berbagai wilayah di sekitar kota Solo. Berdasarkan alamat yang tertulis di dalam formulir penawaran, ada peserta yang berasal dari Semarang dan Jakarta. Diprediksi, nilai pendapatan lelang bisa sampai 300 persen dari nilai total penawaran lelang.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge