0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bulog Bantah Bantu Beras Apek pada Korban Banjir

Walikota menyerahkan bantuan bagi korban banjir di Pasar Kliwon, Minggu (6/1) sore. (Dok.Timlo.net/ Daryono)

Solo — Badan Urusan Logistik (Bulog) Surakarta menyangkal telah memberikan bantuan beras 5 ton kepada Pemkot Solo. Beras yang didistribusikan Bulog kepada Pemkot Solo, Minggu (6/1)  ternyata merupakan cadangan beras pemerintah (CBP) yang disimpan oleh Bulog.

Kepala Bulog Sub Divre III Surakarta, Edhy Rizwan menjelaskan, beras yang dikirim untuk korban bencana tersebut bukan murni bantuan dari Bulog. “Bukan, itu bukan bantuan dari Bulog. Itu beras CBP. Bulog hanya menyimpannya,” katanya kepada wartawan, Selasa (8/1) di Balaikota Solo.

Menurutnya, tiap kota atau kabupaten di seluruh Indonesia mendapat jatah 100 ton tiap tahunnya. Mekanismenya, beras akan didistribusikan sebagai bantuan kepada korban bencana atas permintaan daerah yang bersangkutan.

Bulog Sub Divre III Surakarta sendiri menyimpan 700 ton beras CBP untuk 6 kabupaten dan 1 kota di kawasan eks Karesidenan Surakarta. “Tahun 2012 saja baru terambil 33 ton se-Soloraya,” jelasnya.

Terkait kualitas beras yang dinilai buruk, pihaknya tidak bertanggung jawab. Sebab yang menentukan kualitas beras tersebut dari pemerintah pusat, bukan pada kewenangan Bulog. “Soal kualitas ya seperti itu. Kami hanya menyimpannya saja,” ungkapnya.

Oleh karenanya, pihaknya akan memberikan penjelasan pada walikota terkait status beras tersebut. Nantinya beras itu tetap akan didistribusikan pada korban bencana banjir dan tidak dikembalikan lagi pada Bulog.

Sebelumnya, Walikota Solo Hadi Rudyatmo mengeluhkan kualitas beras bantuan Bulog yang tidak layak konsumsi. Beras yang dikirim untuk korban bencana banjir di Kota Solo berkualitas buruk dan berbau apek.

Oleh walikota, beras tersebut rencananya akan dikembalikan lagi pada Bulog. Sementara, beras yang dibagikan pada korban banjir pada hari Minggu kemarin berasal dari APBD berupa anggaran tak terduga untuk bencana.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge