0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Toilet Umum di Solo bakal Gratis?

Terminal Tirtonadi Solo sisi barat (Dok.Timlo.net/Daryono)

Solo — Pengguna fasilitas umum (Fasum) berupa toilet umum di sejumlah pasar tradisional di Kota Solo akan senang. Sebab, Pemkot berencana menggratiskan biaya jasa penggunaan toilet umum bagi masyarakat.

Tahun ini, Kota Solo menjadi tuan rumah konferensi toilet sedunia. Seiring dengan hal itu, Pemkot Solo berencana menggratiskan pengguna toilet umum di pasar tradisional. “Ada sekitar 72 toilet. Nantinya Pemkot akan menganggarkan biaya pemeliharaan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Budhi Suharto kepada wartawan, Senin (7/1).

Saat ini, pengelolaan toilet umum dilakukan oleh pihak ketiga dengan sistem lelang. Oleh Pemkot, sistem tersebut akan diubah dengan mengalokasikan sejumlah anggaran untuk pemeliharaan dan operasional toilet.

Rencana penggratisan penggunaan toilet umum di sejumlah pasar tradisional tersebut merupakan pilot project bagi sistem penggunaan fasum toilet umum di sejumlah lokasi lain. Jika pelaksanaannya berhasil, sejumlah fasum berupa toilet umum milik Pemkot lainnya seperti kawasan Terminal Tirtonadi dan Galabo juga diberlakukan sama.

Hanya, pelaksanaan rencana tersebut masih perlu dikaji lebih lanjut. Pemkot masih menghitung jumlah anggaran yang akan dialokasikan untuk pengalihan sitem pengelolaan toilet umum pada Pemkot.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge