0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sempat Gagal, Solo Kembali Upayakan Bentuk BPBD

Walikota menyerahkan bantuan bagi korban banjir di Pasar Kliwon, Minggu (6/1) sore. (Dok.Timlo.net/ Daryono)

Solo – Upaya pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Kota Solo terus dikaji. Pemkot tengah berkonsultasi dengan DPRD terkait hal tersebut.

Penanganan terhadap bencana alam melalui penyusunan satu Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru merupakan kebutuhan yang penting dilakukan oleh Pemkot. Setelah gagal dibentuk pada tahun lalu, kini pembentukan BPBD rencananya akan diusulkan kembali pada tahun ini.

“Kami sedang melakukan komunikasi dengan DPRD untuk evaluasi Perda SOTK, supaya kota Solo juga terbentuk BPBD,” kata Walikota Solo Hadi Rudyatmo kepada wartawan, Senin (7/1).

Pengusulan kembali terbentuknya BPBD di tahun ini merupakan langkah yang tepat. Mengingat, bencana alam bisa saja terjadi di kota Solo setiap saat. “Ya kita tidak ingin bencana itu ada. Tapi kalau ada badan yang menanganinya, koordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Pusat akan lebih mudah,” tambahnya.

Menurutnya, langkah pertama yang diambil saat ini adalah dengan melakukan komunikasi dengan pihak Dewan. Ia berharap, dalam waktu dekat bisa melakukan revisi Perda SOTK agar pembentukan BPBD bisa dilakukan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge