0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tanggul di Pucangsawit Longsor

Tanggul di Pucangsawit longsor (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Tingginya intensitas hujan di Kota Solo mengakibatkan sebagian tanggul di sepadan sungai Bengawan Solo mengalami longsor. Longsoran sepanjang 6 meter tersebut terletak di daerah Kelurahan Pucangsawit RT 02 / RW VI, Jebres. Longsoran tanah tanggul yang longsor menggua sepanjang 6 meter di bawah jalan semen yang berada di atas tanggul. Penyebab longsor disinyalir karena kontur tanah yang lembek dan kurang padat.

Berdasarkan kesaksian warga setempat, Suminah, yang setiap hari membuka warung di pinggir tanggul mengatakan, peristiwa longsor terjadi pada Minggu (6/1) malam saat terjadi hujan yang cukup lebat disertai dengan bunyi gemuruh seperti batu yang jatuh. “Semalam longsornya, bunyinya gemuruh kayak gerombolan batu jatuh, tapi gak kencang banget suaranya. Persisnya jam berapa saya tidak bisa memastikan. Tapi yang pasti minggu malam,” ujarnya, Senin (7/1).

Warga sekitar langsung bergerak cepat mengumpulkan material bangunan seperti pasir, kerikil dan semen untuk melakukan langkah antisipasi mencegah longsoran tanah semakin meluas. Ditakutkan longsoran tanah semakin meluas akan mengancam ratusan rumah pemukiman warga yang berada di bawahnya.

“Kami lakukan tindakan darurat dahulu. Kami coba menahan longsoran tanah dengan material bangunan ini. Minimal supaya longsor tidak semakin melebar. Sebelum diambil tindakan permanen. Takutnya apabila terus menerus dibiarkan tanah penahan tanggul terus tergerus dan tanggul jebol, maka air akan meluber kemana-mana,” tutur salah satu warga, Widyo.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge