0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Korban Banjir Diminta Waspada Wabah Penyakit

Warga korban banjir memeriksakan diri di Posko Kesehatan, Senin (7/1) (dok.timlo.net/nanang rahardian)

Karanganyar — Warga di lokasi banjir di Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar diimbau mewaspadai berjangkitnya penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), diare dan wabah lain setelah genangan air surut, Senin (7/1).

Di sisi lain, warga juga diminta berhati-hati mengonsumsi air bersih karena ada kemungkinan tercemar. Petugas kesehatan dari Puskesmas II Jaten Lusi Istanti, mengatakan banyaknya sumur warga yang sempat terendam banjir meningkatkan risiko merebaknya berbagai penyakit. Karena itu, sebelum dimanfaatkan seperti sedia kala, sumur lebih baik dikuras lebih dulu agar bersih.

“Paling banyak dan harus diwaspadai di daerah banjir umumnya ISPA, diare dan penyakit kulit. Sekarang ini kami juga terus waspada pascasurutnya genangan air,” jelasnya kepada wartawan di lokasi banjir di Desa Ngringo, Senin (7/1). Lusi menyebutkan, dari lima belas orang yang berobat di posko pengobatan, keluhan terbanyak adalah batuk, pilek, gatal-gatal dan kepala pusing.

Dia juga menegaskan, sejuah ini belum ada laporan peningkatan kasus diare dan wabah lain di lokasi penampungan pada saat banjir. Namun tidak tertutup kemungkinan hal itu akan muncul ketika warga sudah kembali ke rumah masing-masing dan memanfaatkan air sumur yang tercemar.

Ditemui terpisah, Kepala Desa Ngringo Sudirman, menyebutkan warga di desa-desa yang terendam banjir telah pulang ke rumah masing-masing, Senin pagi. Meski demikian, dia mengingatkan kepada warga agar tidak lengah dan tetap mewaspadai kemungkinan datangnya banjir susulan di wilayah setempat.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge