0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Danrem Kunjungi WGM

Pintu Air Tak Dibuka, Waduk Gajah Mungkur Bisa Jebol

Kondisi saluran pembuangan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri yang dipenuhi miliaran kubik air (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Pembukaan pintu air di Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri telah mempertimbangkan segala hal. Termasuk kemungkinan terburuk terkait kondisi waduk.

Petugas pengatur debit air Jukaf Ridcan mewakili Winarno Susiladi (Kepala Divisi Air dan Sumber Air (ASA) IV Perum Jasa Tirta (PJT) I Wilayah Sungai Bengawan Solo) di hadapan Danrem 074/Warastratama Kol (Inf) Mulya Aji, Senin (7/1) mengemukakan, pintu air WGM dibuka pada dua pintunya. Yakni pintu 2 dan 3. Danrem beserta jajaran Korem Warastratama meninjau kondisi terkini WGM menyusul bencana banjir di sejumlah wilayah hulu.

“Mengingat ketinggian air sudah di atas ambang normal, sudah mencapai 136,70 meter diatas permukaan laut, kami buka 2 pintu. Masing-masing berdebit 50 meter kubik per detiknya. Jika ditahan-tahan dan tidak dibuka, malah membahayakan waduk, bisa jebol,” ujarnya.

Kondisi WGM, saat ini menurut Jukaf, jauh berbeda dengan perkiraan awal saat dibangun. Dulunya, sempat diprediksi bisa berumur 100 tahun. Namun, seiring menumpuknya sedimentasi, daya tampung waduk kian mengecil, dan umurnya menjadi berkurang.

Tak banyak yang diperbincangkan Jukaf dengan Danrem. Usai melihat-lihat kondisi WGM sebentar, Danrem segera meluncur kembali ke Makorem sembari melambaikan tangan ke arah wartawan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge