0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kinerja Guru Solo akan Dievaluasi Intensif

Plt Sekda Pemkot Solo, Rahmat Sutomo (dok.timlo.net/niza novita)

Solo — Mulai tahun ini, kinerja guru mulai akan dilakukan evaluasi secara intensif. Hal ini merupakan salah satu upaya pengembangan keprofesionalan berkelanjutan.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Rakhmat Sutomo menjelaskan evaluasi kinerja guru wajib dilakukan di semua sekolah secara mandiri di semua jenjang dengan membentuk tim evaluasi. Keprofesionalan pendidik juga menjadi tanggung jawab pihak sekolah. Lantaran hal tersebut sekolah diminta untuk membentuk tim yang berfungsi mengevaluasi hasil kerja guru dan diarahkan untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Evaluasi kinerja guru ini akan efektif dan sifatnya wajib untuk dilakukan pada setiap semester. Tepatnya akan dilakukan di awal tahun pelajaran. Proses evaluasi dilakukan dengan melalui tahap plan, do, check, action. Tim harus merencanakan bentuk-bentuk evaluasi, lalu mengimplementasikan rencana tersebut. Kemudian hasil dari proses evaluasi akan dilakukan tahap perbaikan dan hasil evaluasi dilaksanakan kembali.

“Evaluasi itu mulai efektif diberlakukan tahun ini,” tegasnya, Senin (7/1).

Selain membentuk tim evaluasi, sekolah juga harus membentuk tim pemantau yang bertugas mengawasi proses evaluasi kinerja guru itu. Di sisi lain pihak Disdikpora juga akan membentuk tim sendiri yang terdiri atas pengawas sekolah yang bertugas melakukan pantauan di lapangan.

Pemberlakuan kebijakan ini, menurut Rakhmat, tak hanya untuk sekolah negeri saja, akan tetapi ini akan diberlakukan di sekolah swasta. Karena guru-guru sekolah swasta juga berhak mendapatkan tunjangan profesi guru atau sertifikasi. Selain itu, dijelaskan pelaksanaan evaluasi itu memiliki efek berkelanjutan, di mana para guru akan diwajibkan untuk melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dapat berpengaruh pada kenaikan pangkat.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge