0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasca Banjir, Warga Rame-rame Bersihkan Rumah

Pasca banjir, warga membersihkan rumah dan menjemur pakaian dan kursi (dok.timlo.net/nanang rahardian)

Karanganyar — Meskipun banjir yang menggenangi sejumlah rumah warga Dusun Daleman dan Jomboran, Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Karanganyar, akibat meluapnya Sungai Bengawan Solo sudah surut, tapi tidak serta merta warga dapat duduk santai. Mereka terpaksa harus membersihkan berbagai kotoran yang menempel pada bagian dan peralatan di rumah yang ada.

Banjir luapan sungai Bengawan Solo yang menggenangi Sabtu (5/1) malam sempat masuk rumah tersebut disertai dengan lumpur-lumpur dan sampah lainnya. Sehingga harus dibersihkan agar rumah tempat mereka tinggal tersebut tidak kotor dan mengeluarkan aroma tak sedap.

“Banjirnya sudah surut. Sekarang tinggal bersih-bersih lagi. Air ini kan tak hanya datang dari kali tapi juga sudah bercampur dengan air-air dari parit termasuk juga tempat pembuangan kotoran lainnya,” ujar Warti, warga Daleman, Senin (7/1).

Setelah air mengering, lumpur-lumpur dan sejumlah sampah yang dibawa air tersebut mengendap di bagian lantai rumah. Namun hal itu tak membuat mereka begitu khawatir. Air yang masuk ke dalam rumah tersebut juga membawa berbagai kuman penyakit. Maka dari itulah rumah mereka yang tergenang harus dibersihkan.

Surutnya air tersebut juga dimanfaatkan Warti untuk membersihkan sejumlah peralatan rumah tangga yang basah karena tak sempat diselamatkan. Seperti sofa, karpet dan beberapa peralatan lain yang dimilikinya. “Mumpung airnya sudah surut barulah bisa membersihkanya. Kalau dibiarkan lama-lama seperti karpet ini pasti baunya tidak sedap,” kata Warti.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge