0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tahun Ini, SMA dan SMK Terima DAK

Solo — Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan selama ini hanya diterima oleh sekolah di tingkat SD. Namun, tahun 2013 ini, SMA/SMK akan menjadi sasaran penerima DAK.

Hal tersebut ditegaskan Direktur Pembinaan SMK (PSMK) Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Anang Tjahjono. Akan tetapi dirinya belum mengetahui berapa besaran yang akan di terima di masing-masing sekolah. ”Jumlahnya saya tidak begitu tahu, yang jelas nilainya itu triliunan rupiah,” ungkapnya di Solo, Senin (7/1).

Ditambahkan, di tahun ini hampir semua kabupaten yang ada di Indonesia akan mendapatkan DAK untuk SMA/SMK. ”Akan tetapi ada beberapa kota atau kabupaten yang tidak mendapatkan DAK seperti DKI Jakarta karena dianggap sudah cukup mampu,”katanya.

Dana yang diberikan langsung oleh pihak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI ini nantinya akan difungsikan untuk perbaikan fisik dan peningkatan mutu pendidikan. ”Untuk mempercepat Angka Partisipasi Kasar (APK) dengan jalan peningkatan kualitas dan fisik,” tambahnya.

Dijelaskan, agar dana tersebut tepat sasaran sesuai dengan fungsinya Anang mengharuskan pihak sekolah untuk membuat junkis. Jadi pada saat kota menerima DAK maka ada peran dan fungsi untuk apa saja dana tersebut.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge