0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pintu Air Waduk Gajah Mungkur Akhirnya Dibuka

Air keluar deras dari pintu 2 dan 3 Waduk Gajah Mungkur Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri —  Sekitar pukul 12.00 WIB, pintu air Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri akhirnya dibuka. Ini menyusul ketinggian air yang telah melampai ambang batas normal.

Air di dekat pintu WGM, normalnya adalah 130,30 hingga 135,50 mdpl (meter diatas permukaan laut). Sementara pada pukul 11.45 WIB telah berada di ketinggian 136,70 mdpl.

Kepala Divisi Air dan Sumber Air (ASA) IV Perum Jasa Tirta (PJT) I Wilayah Sungai Bengawan Solo, Winarno Susiladi, selaku pihak pengelola WGM Wonogiri, Senin (7/1) menuturkan setelah melalui pertimbangan, akhirnya pihaknya memutuskan membuka pintu. Dan tidak seperti skenario sebelumnya, pintu yang dibuka adalah nomor 2 dan 3.

“Sebelumnya, bersilang, pintu 1 lalu pintu 3. Tapi pertimbangan teknis akhirnya dipilih pintu 2 dan 3. Debit masing-masing pintu adalah 50 meter kubik per detik, sehingga total 100 meter kubik setiap detik,” jelas Winarno.

Pembukaan ini, lanjutnya akan terus dilakukan hingga ketinggian air mencapai ambang normal. Perhitungannya, jika di bagian hulu tidak terjadi banjir, maka air surut mencapai batas normal



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge