0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Honor Pendorong Gerobak Galabo Diambil dari APBD

Shelter baru Galabo (Dok. Timlo.net/Daryono)

Solo – APBD 2013 mengalokasikan anggaran honor pegawai non-PNS  bagi 12 orang pengelola Gladak Langen Bogan (Galabo). Padahal selama ini, pengelola galabo tersebut telah mengelola iuran Rp. 15.000,-  per pedagang secara mandiri.

Honor 12 orang non PNS tersebut menjadi satu dalam anggaran pengadaan parasol senilai Rp 1 miliar. “Dari anggaran untuk Galabo senilai Rp 1 miliar itu, Rp 200 juta di antaranya digunakan untuk sejumlah operasional Galabo. Antara lain untuk membayar honor 12 orang pegawai non-PNS senilai Rp 85,9 juta,” ujar anggota Komisi III DPRD Solo, Muhammad Amin saat ditemui Timlo.net, Senin (7/1) di gedung dewan.

Sisanya, sambung Amin, digunakan untuk jasa pengisi hiburan senilai Rp 50 juta dan beberapa kegiatan operasional lainnya. “Meskipun anggaran untuk parasol dipending, tetapi kan sudah ada dua panggungnya, sehingga kegiatan hiburan tetap ada, oleh karenanya ada anggaran untuk jasa pengisi hiburan,” terang Amin.

Dikatakannya, meskipun telah dianggarkan, anggaran untuk pembayaran honor pegawai non-PNS tersebut belum bisa dicairkan sampai ada kebijakan baru terkait pengelolaan Galabo. “Belum bisa dicairkan sampai ada kebijakan baru,” ujar politisi PAN ini.

Lebih jauh, Amin menerangkan, 12 orang non-PNS tersebut mendapat honor dari APBD 2013 untuk beberapa tugas antaralain sebagai tenaga kebersihan, tenaga mendorong gerobak, dan marketing.

Terkait Surat Keputusan (SK) pengangkatan pegawai non-PNS itu, Amin mengaku masih mempertanyakan soal SK tersebut. “Soal SK kami masih menunggu penjelasan hal tersebut. Katanya hari ini UPTD menyampaikan ke kami,” bebernya.

Sementara, anggota Komisi III dari Fraksi Nurani Indonesia Raya, Abdullah AA menjelaskan sebelumnya UPTD Kuliner mengajukan 16 orang sebagai pengelola Galabo. Hanya saja, kemudian hanya disetujui 12 orang. “UPTD itu kan tidak punya orang, 12 orang itulah yang kemudian dibiayai APBD untuk mengurusi Galabo siang dan malam,” tukasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge