0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

3 Hari Hujan Guyur Karangdowo

Terendam Banjir, Ratusan Hektare Sawah Terancam Puso

Ratusan hektare sawah di Klaten terendam banjir (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten – Guyuran hujan deras yang terjadi selama tiga hari terakhir, Sabtu-Senin (5-7/1) mengakibatkan area pertanian di Kecamatan Karangdowo, Klaten terendam banjir. Akibatnya petani merugi lantaran sawah mereka terancam puso.

Informasi yang dihimpun, banjir merendam ratusan hektare area pertanian yang tersebar di lima desa di Kecamatan Karangdowo. Diantaranya, pertanian Desa Karangdowo, Ringinputih, Demangan, Tambak dan Desa Pugeran.

Luapan banjir dari Kali Beji dan Kali Demangan telah merendam tanaman padi yang baru berusia satu hingga dua bulan. Buruknya saluran irigasi juga menjadi penyebab banjir tidak bisa segera surut.

“Hujan terus mengguyur hampir semalaman hingga sawah terendam. Jika banjir tidak segera surut, tanaman padi bisa gagal panen,” ujar Kamto Mulyono (60) saat ditemui di area sawah miliknya di Desa Ringinputih, Kecamatan Karangdowo, Senin (7/1).

Akibat rendaman banjir itu, Kamto mengaku mengalami kerugian hingga Rp 1 jutaan. Ia sendiri menggarap dua petak sawah dengan usia tanam saat ini menginjak satu bulan.

Tak hanya merendam sawah, banjir juga merendam sejumlah akses jalan penghubung antar desa. Dipastikan banjir belum bisa surut jika hujan masih terus mengguyur.

“Kami sebagai petani hanya bisa pasrah melihat kondisi sawah yang terendam banjir. Mau bagaimana lagi wong emang lagi musim penghujan,” imbuh Suyitno (58), petani asal Desa Demangan, Karangdowo.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge