0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2013, Samsung Luncurkan Smartphone Tizen Linux

Samsung Galaxy Note II. (Dok:Timlo.net/Ranu)

Timlo.net — Sebelumnya tersiar kabar bahwa Ubuntu Linux akan tersedia di smartphone. Dan rupanya, Samsung juga akan mencoba peruntungannya dengan memakai Linux di produk ponsel pintar mereka.

Tapi alih-alih memakai Ubuntu Linux atau Android, Samsung akan memilih Tizen Linux, sebuah sistem operasi mobile yang diluncurkan oleh Linux Foundation dan LiMo Foundation di akhir 2011.

Samsung berencana untuk meluncurkan peralatan gadget berbasis Tizen pada tahun ini, demikian informasi yang didapat CNET dikutip oleh PC World dari seorang juru bicara Samsung. Walaupun demikian, belum ada keterangan yang lebih detail tentang rencana ini.

Memang Samsung sudah lama melirik Tizen, sebuah pengganti platform berbasis Linux, MeeGo. Selain itu, Samsung sekarang sudah menjadi satu member platinum di Linux Foundation.

Bila benar, Samsung akan merilis smartphone berbasis Tizen, maka dominasi Android selama lima tahun ini di pasar ponsel cerdas akan mulai bergeser. Karena di tahun mendatang, kita tidak hanya memiliki smartphone Tizen, tapi juga Ubuntu dan ponsel cerdas berbasis Firefox OS. Firefox OS sendiri berbasis Gecko, salah satu versi Linux.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge