0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Server Rusak, Data Perekaman E-KTP Dikirim Manual

Proses rekam data e-KTP (dok.timlo.net/nanang rahardian)

Karanganyar —  Server yang digunakan untuk pengiriman data hasil perekaman KTP elektronik (e-KTP) di Kecamatan Jaten, Karanagnyar rusak sudah hampir dua bulan ini. Petugas pun harus mengirimkan data perekaman secara manual. Sebelum rusak, petugas bisa langsung mengirimkan data ke server di Jakarta, namun sekarang petugas harus meminta bantuan petugas di Dispendukcapi.

“Sudah hampir dua bulan ini server dibawa ke Jakarta untuk diservis, kalau mengirim data harus disimpan di flashdisk dulu baru dibawa ke Dispendukcapil untuk dikirimkan ke Jakarta,” terang Sekretaris Kecamatan Jaten Warsiyah ketika ditemui wartawan, Senin (7/1).

Warsiyah menambahkan, di wilayahnya terdapat 55.800 wajib e-KTP. Namun baru 53.000 yang telah merekam datanya. Diperkirakan minggu depan, 44.000 di antaranya sudah jadi dan siap dibagikan ke warga. Kendati demikian pihaknya masih memberi kesempatan waarganya yang belum melakukan rekam data untuk segera melakukannya.

Berdasarkan PP 102 Tahun 2012, e-KTP yang sedianya akan diberlakukan awal 2013 diundur sampai 2014, begitu juga dengan perekaman data diundur sampai akhir 2013. Juga dengan blanko e-KTP yang semula akan dibebankan kepada warga selepas 2012 juga diundur dan masih gratis.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge