0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SMKN 2 Solo Bikin Mesin Pelet

Solo — Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan segala sesuatunya bisa dihasilkan dengan cepat dan mudah. Salah satu di antaranya adalah membuat teknologi tepat guna. Teknologi semacam ini di era sekarang sangat dibutuhkan masyarakat.

Seperti halnya yang dilakukan siswa SMKN 2 Solo. Beberapa waktu lalu, SMKN 2 Solo memamerkan teknologi tepat guna mesin otomatis pembuat pakan ikan atau yang sering disebut dengan mesin pelet. Ini merupakan pilot project yang dilhasilkan dan dikembangkan siswa serta guru-guru SMKN 2 Solo program kompetensi Teknik Pemesinan.

Hasil karya anak bangsa ini mampu menghasilkan pakan ikan dengan kapasitas maksimal dan tentunya tidak memerlukan waktu lama. Selain itu mesin ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau bila dibandingkan dengan mesin pemotong ikan yang ada di pasaran.

Thomas Prajnamitra, siswa kelas XII SMKN 2 Solo Program Kompetensi Teknik Pemesinan, menjelaskan, mesin buatan mereka sangat berbeda dengan mesin yang ada dipasaran. Diantaranya mesin buatan SMK N 2 ini memakai inverter, sehingga dayanya bisa lebih rendah dan daya listrik tidak mudah drop.

“Di sini juga dilengkapi dengan teknologi pemotong ikan yang ukuran besaran potongannya bisa disesuaikan sesuai keinginan,” katanya. Ditambahakn, mesin otomatis ini mampu menampung dan menghasilkan sekitar 50 kilogram pakan ikan dalam waktu satu jam.

Meski karya ini baru sebagai pilot project, namun dirinya mengaku buah karya siswa SMK tak kalah dengan yang ada di pasaran. ”Untuk harganya kita lebih murah yakni kisaran Rp 15 juta. Yang di pasaran itu masih manual, belum otomatis harganya sekitar Rp 12,5 juta,” katanya.



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge