0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Musim Hujan, Sampah Putri Cempo Bisa Bikin Masalah

TPA Putri Cempo, Mojosongo, Jebres, Solo (Dok.Timlo.net/Daryono)

Solo – Sampah yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo rawan longsor di musim hujan. Longsoran gunung sampah di Putri Cempo bisa terjadi seiring intensitas air hujan yang mengguyur kawasan itu yang semakin naik.

Jika gunung sampah Putri Cempo longsor, dampaknya akan dirasakan oleh warga yang berada di lingkungan sekitar kawasan itu. Terlebih, jika intensitas air hujan cukup tinggi, bisa menimbulkan banjir sampah yang mengganggu kawasan sekitar.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) kota Solo, Satriyo Teguh Subroto mengakui jika gunung sampah di TPA Putri Cempo rawan longsor. “Penyebabnya karena sudah overload,” katanya kepada wartawan, kemarin.

Di satu sisi, pihaknya hanya mempunyai satu unit alat berat yang dioperasikan di kawasan Putri Cempo. Tenaga kebersihan yang dimiliki juga cukup terbatas, yakni hanya sekitar 40 orang saja. Padahal, idealnya untuk jumlah petugas kebersihan yang menangani berjumlah dua kali lipatnya dari jumlah tersebut.

Sementara, prediksi kenaikan volume sampah di tahun 2013 ini mencapai 10 persen. Pasokan sampah per hari yang masuk di TPA tersebut bisa mencapai 300 ton.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge