0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bulog Siap Serap 120 Ribu Ton Beras Petani

Persediaan beras di gudang Bulog, (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Solo —  Perum Badan Urusan Logistik Subdivisi Regional (Bulog Subdivre) III Surakarta siap menyerap 120 ribu ton beras petani di sepanjang 2013 ini. Terkait hal tersebut, institusi telah melakukan pemantauan ke sejumlah daerah produsen dan beberapa di antaranya telah memasuki masa tanam.

Kepala Bulog Subdivre III Surakarta, Edhy Rizwan, saat dihubungi Sabtu (5/1), cukup optimistis proses penyerapan beras bisa segera dilakukan dalam waktu dekat ini. Mengingat beberapa daerah di kawasan Soloraya akan melakukan proses panen.

Prognosis alias rencana pembelian beras tahun ini tak bisa dipungkiri memang cenderung lebih rendah ketimbang tahun lalu. Pada 2012, Bulog Subdivre III Surakarta mendapat jatah penyerapan sebanyak 143 ribu ton.

Prognosis sebanyak itu, diakui Edhy, tak berhasil digaet secara sempurna oleh Bulog Subdivre III Surakarta. Pihak perusahaan hanya bisa merealisasikan penyerapan sebesar 95 persen saja.

Bulog tak mampu menutup kekurangan tujuh ton beras dari prognosis semula. Hal ini tidak lepas dari naiknya harga beras di pasaran yang sempat terjadi pada pertengahan Oktober 2012. Pada kondisi ini, petani lebih suka memasarkan hasil panennya langsung ke pasaran ketimbang ke Bulog lantaran harganya cenderung lebih tinggi.

Sementara itu, menyinggung soal harga pokok pembelian (HPP), Edhy mengungkapkan, tahun ini Bulog masih akan mengacu pada aturan lama. Mengingat saat ini belum ada Instruksi Presiden (Inpres) yang menyatakan ada perubahan HPP.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge