0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

3 Dukuh Tertutup Longsor, Warga Terisolir

Longsor menutup jalan di tiga dukuh, Minggu (6/1). (Dok.Timlo.net/ Nanin)

Boyolali — Ratusan warga di tiga dusun di Desa Lencoh dan Jrakah, Kecamatan Selo, Boyolali terancam terisolir. Pasalnya, akses jalan di tiga dukuh tersebut tertutup longsor dan hingga Minggu (6/1)  sore belum bisa dibersihkan. Warga sudah berusaha membersihkan longsoran, namun karena terlalu tebal,upaya ini belum membuahkan hasil untuk membuka akses jalan keluar.

Tiga dusun yang akses keluar tertutup longsoran tebing setinggi 6 meter, yakni Dusun Wates, Desa Lencoh dan Dusun Gesikan dan Tumut (Desa Jrakah). Warga yang sejak siang tadi mencoba membuka jalur terpaksa dihentikan, karena khawatir terjadi longsor susulan. Warga sendiri berharap ada alat berat untuk bisa membersihkan longsor. Upaya pembersihkan secara manual dinilai terlalu berisiko. Pasalnya, diatas longsoran terdapat tebing setinggi 50 meter yang terdapat rekahan, sehingga rawan terjadi longsor susulan.

Kepala BPBD Boyolali Suyitno menyatakn, pihaknya masih melakukan upaya untuk membuka akses jalan keluar di tiga dusun tersebut. Sementara untuk mendatangkan alat berat, dinilai sangat tidak mungkin, mengingat kondisi medan yang terlalu tinggi.

“Kalau menggunakan alat berat tidak memungkinkan,karena medanya terlalu tinggi dan curam. Kita sedang koordinasikan dengan DPU ESDM dulu,” tandas Suyitno ditemui di lokasi, Minggu ( 6/1).



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge