0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pintu Air WGM Belum Akan Dibuka

Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Perum Jasa Tirta (PJT) II menegaskan belum akan membuka pintu air Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri. Pasalnya, kondisi di bagian hilir seperti Kota Solo masih dalam status siaga merah.

” Tidak benar kalau ada isu yang menyebutkan pintu air WGM akan dibuka hari ini. Apalagi yang mengatakan akan dibuka jam 2 siang. Kami tegaskan, belum akan dibuka,” ujar Winarno Susiladi, Kepala Divisi Air dan Sumber Air (ASA) IV Perum Jasa Tirta (PJT) I Wilayah Sungai Bengawan Solo selaku pihak pengelola WGM Wonogiri, Minggu (6/1).

Selain mempertimbangkan kondisi di hilir, dibuka atau tidaknya pintu air juga memperhatikan keadaan di hulu. Seandainya pasokan air dari wilayah hulu tidak begitu tinggi, pembukaan pintu tidak perlu dilakukan.

Dirinya mengungkapkan beberapa hari belakangan di wilayah hulu WGM terguyur hujan deras. Hal tersebut membuat ketinggian air di pintu menjadi bertambah. Alhasil, muncul anggapan pintu air bakal segera dibuka.

Disinggung soal ketinggian air saat ini,  hingga pukul 12.00 WIB  mencapai posisi 134,95 mdpl (meter diatas permukaan laut). Sementara, normalnya adalah 130,30 hingga 135,50. Sehingga, dikatakannya masih dalam ambang normal.

“Seandainya nanti dibuka, tidak akan serta merta melalui seluruh pintu. Kami berlakukan bertahap dan silang diantara 4 pintu yang ada. Jadi, gambarannya, pintu pertama dulu dilanjutkan pintu ketiga, terus baru pintu kedua. Namun, kalaupun terpaksa dibuka pastinya kami berkoordinasi dengan yang ada di hilir dulu, tidak serta-merta langsung buka,” jelas Winarno.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge