0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Langganan Banjir, Warga Gunungan Akan Direlokasi?

Dusun Gunungan, Pracimantoro banjir. (Dok.Timlo.net/ Aris Arianto)

Wonogiri — Kalangan anggota DPRD Wonogiri mendesak pemerintah kabupaten (Pemkab) Wonogiri untuk merelokasi warga Gunungan, Wonodadi, Pracimantoro yang menjadi langganan banjir. Anggaran untuk itu pun telah pula tersedia.

Di APBD 2013, ada alokasi dana hibah yang diperuntukkan untuk pembiayaan kegiatan yang sifatnya darurat. Atas hal itu, Pemkab diminta menggunakan dana tersebut untuk merelokasi warga Gunungan. Terlebih memang ada keinginan dari warga untuk segera dipindahkan.

“Saya sudah berbicara dengan warga Gunungan yang rumahnya terendam banjir, mereka minta dipindahkan. Saya yakin warga Wonogiri lain akan ikhlas jika dana di APBD 2013 digunakan untuk merelokasi warga Gunungan, sebab peruntukannya sudah tepat. Banjir di Gunungan butuh penanganan darurat. Dalam pembahasan kemarin sudah kami anggarkan Rp 200 juta,” ujar Ketua Komisi B DPRD Wonogiri, Sugiarto, Minggu (6/1).

Pria asli Pracimantoro itu menengaskan, pengalokasian dana dari anggaran darurat itu sesuai dengan Permendagri Nomor 3 Tahun 2012. Di pasal 23a, disebutkan Pemda harus menyiapkan dana untuk antisipasi kebutuhan darurat.

Tekait dengan itu, dia mendesak bupati untuk segera turun ke Gunungan. Dia ingin bupati memastikan keinginan warga. Jika memang warga mantap ingin relokasi, dia berharap bupati bisa menggunakan dana hibah tersebut.

Sementara itu, masih ada 5 rumah warga yang terendam genangan banjir di Gunungan. Air yang merendam rumah sangat tergantung curah hujan yang turun. Jika cukup tinggi, dipastikan ketinggian air bakalan bertambah.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge