0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hama Walang Ijo Serang Padi di Boyolali

Tanaman padi di wilayah Boyolali mulai diserang hama walang ijo (dok.timlo.net/nanain)

Boyolali — Hama walang hijau (ijo) beberapa pekan ini membuat petani di Banyudono, Boyolali resah. Pasalnya, serangan hama yang sangat sporadis membuat pertumbuhan tanaman padi sangat lambat. Sebagai akibatnya hasil padi juga mengalami penyusutan.

Hama walang ijo sendiri jumlahnya hampir ribuan. Perkembangbiakan hama walang hijau ini sangat cepat sehingga menyulitkan petani untuk membasminya. Pestisida yang ada tidak mampu dengan tuntas membasminya. Bahkan, setelah disemprot pestisida, keesokan harinya hama ini bertambah banyak.

“Pestisidanya ada, tapi kadang kalau habis disemprot besoknya malah banyak,” ungkap Mulyanto, petani di Dukuh Jetis, Banyudono, ditemui di lokasi Jumat (4/1 ).

Walang ijo merusak pucuk daun padi yang usia tanaman 1-2 bulan. Padi yang duanya rusak akibat dimakan walang perkembanganya terganggu. Dari satu batang padi, paling tidak ditemukan lima hingga sepuluh ekor walang ijo. Upaya yang dilakukan petani saat ini dengan cara manual, mengusir dengan mengoyang-goyang batang.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge