0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peneliti LIPI Didatangkan untuk Atasi Ulat Keong

Akibat serangan ulat keong, batang tanaman sengon laut mengering (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Pemerintah Desa Jatimarto, Ngadirojo, Wonogiri berencana mendatangkan peneliti dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) terkait serangan hama ulat keong atas puluhan hektar tanaman sengon laut putih. Langkah ini diambil menyusul belum adanya tindakan yang diambil Pemkab Wonogiri.

Kades Jatimarto, Tarni ketika dihubungi mengakui ada puluhan hektar lahan tanaman sengon laut di wilayahnya terserang hama ulat keong. Keseluruhan lahan milik warga desa.

“Ratusan warga yang punya lahan, Mas. Semuanya terserang ulat. Kami heran, apa yang membuat ulat-ulat itu menyerang. Sebelumnya, ulat memakan daun, terus membuat lubang di batang, dan masuk ke dalamnya,” ujar Tarni, di kediamannya, Sabtu (5/1).

Bu Kades Tarni menambahkan, serangan itu baru kali pertama terjadi. Sebelumnya belum pernah ada pada tanaman yang bisa dipanen di usia 6 tahun itu.

“Rencananya, pekan-pekan depan kita datangkan peneliti LIPI. Sehingga nantinya jelas, apa penyebabnya dan bagaimana mengatasi serta mengantisipasi supaya ke depan tidak terjadi lagi,” pungkas Bu Kades.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge