0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Dia! Alasan Mata Kita Harus Berkedip

Untuk menghilangkan rasa ngantuk, kadang pekerja yang biasa menggunakan komputer, memainkan game-game ringan (Dok:Timlo.net/Ranu Ario)

Timlo.net — Kita menghabiskan waktu sekitar sepuluh persen dalam satu hari untuk menutup mata.

Dan sementara orang beranggapan bahwa kita berkedip untuk membuat mata kita tetap basah, tapi sekarang para peneliti telah menemukan alasan lain.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa otak manusia menggunakan kesempatan saat mereka menutup mata untuk beristirahat.

Para peneliti dari Universitas Osaka Jepang menemukan bahwa kondisi otak “beristirahat” ini bisa berlangsung dalam hitungan detik sebelum kita benar-benar terjaga.

Scan pada otak untuk melacak aliran darah mengungkapkan bahwa wilayah otak yang dihubungkan dengan kemampuan berkonsentrasi secara sementara akan “offline” saat kita tertidur atau berkedip.

Otak lalu memasuki kondisi “default mode network” atau seting menganggur.

Seting yang sama ini terjadi saat kemampuan kita untuk fokus tidak diperlukan oleh tugas kognitif seperti membaca atau berbicara dan pikiran kita bebas melayang.

Selama mode ini, kita cenderung merenungkan perasaan kita. Kita mungkin bertanya-tanya apa yang dimaksudkan teman kita dalam komentarnya; kita mungkin mengingat kembali apa yang kita lakukan minggu lalu, atau membayangkan apa yang kita lakukan besok.

Setiap kali kita selesai melakukan sesuatu yang memerlukan konsentrasi, kita cenderung berkedip. Misalnya setelah kita selesai membaca, selesai mendengarkan orang berbicara.

Umumnya otak akan berada di seting menganggur ini sebanyak 15 atau 20 kali per menit.

Penelitian ini, dikutip dari Daily Mail diterbitkan di jurnal Proceedings of the National Academies of Science.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge