0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Masing-masing Terima Dana Rp 5 Juta

61 Grup Kesenian Wonogiri Dapat Hibah

Penampilan salah satu grup kesenian Wonogiri, kethek ogleng (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri —  Awal tahun ini, sejumlah grup kesenian di Wonogiri mendapat bantuan hibah dari Pemkab Wonogiri. Hibah senilai Rp 5 juta per grup itu diperuntukkan bagi pembelian peralatan kesenian.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Wonogiri, Pranoto melalui Kabid Kebudayaan, Mulyanto mengemukakan, ada 61 grup yang mendapat bantuan hibah. Tak hanya grup kesenian tradisional, kesenian modern pun mendapat jatah.

“Lengkap. Mulai grup reog, karawitan, srandul, sampai orkes melayu maupun campursari mendapatkan. Jumlahnya ada 61 grup dari seluruh Wonogiri,” ujar Mulyanto, Sabtu (5/1).

Pendanaan hibah, menurut Mulyanto, berasal dari APBD-P 2012 Wonogiri dan diperuntukkan bagi pengadaan peralatan kesenian. “Jadi tidak untuk konsumtif seperti diberikan ke anggota. Kalau modelnya seperti itu, berarti dana Rp 5 juta tidak cukup jika jumlah anggotanya banyak, seperti grup karawitan, ” lanjut mantan Kabid Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah pada DisperindagkopUMKM ini.

Namun diakui, lantaran kemampuan keuangan yang kurang, baru sebagian kecil itu yang bisa terkover. Sementara sebagian besar lainnya, belum pula bisa dipastikan akan mendapat. Jumlah 61 itu, belum ada separuh dari total jenderal grup kesenian Kota Gaplek.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge