0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pendidik PAUD Solo Harus Miliki 3 Kunci

Pameran PAUD di Solo (dok.timlo.net/niza novita)

Solo — Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada tahun 2013 diharuskan dapat meningkatkan standar mutu dan kualitas pendidikan. Hal ini sesuai dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No.58 Tahun 2009 tentang Standar PAUD. Dalam Permendiknas disebutkan ada 4 standar PAUD, di antaranya standar tingkat pencapaian perkembangan, pendidikan dan kependidikan, isi, proses dan penilaian, dan pengelolaan, pembiayaan dan sarana prasarana.

Kepala Seksi Kesetaraan, Keaksaraan dan PAUD Bidang Pendidikan Non Formal (PNF) Disdikpora  Solo, Hasto Daryanto mengatakan, dalam penetapan standar tersebut pemerintah memberikan standar minimum. Sekarang, tinggal bagaimana tiap lembaga PAUD menjalankan sesuai dengan indicator lembaga tersebut.

“Ini baru kita sosialisasikan minggu kemarin, dan yang harus segera dilakukan adalah standar tingkap pencapaian perkembangan,” katanya, Jumat (4/1).

Untuk mencapai standar tersebut, menurut Hasto, pihak PAUD harus mengelompokkan peserta didik sesuai dengan usia anak. Dengan standar usia pengelompokan dapat dilihat mana yang membutuhkan pendampingan ahli dan mana yang tidak.

“Yang kami maksud untuk pendamping ahli di sini adalah guru senior yang sudah banyak pengalaman dan psikolog perkembangan,” jelasnya.

Sedangkan untuk tenaga psikolog, dalam hal ini dapat membantu untuk mendeteksi sejauh mana perkembangan motorik dan psikologi anak saat menerima pelajaran. Hasto menambahkan, untuk meningkatkan standar pendidik dan kependidikan perlu dilakukaan penguatan, salah satu di antaranya adalah melalui kompetensi.

Guna menunjang kompetensi tenaga pendidik, ada tiga kunci yang harus dimiliki pendidik PAUD, yakni memiliki keterampilan dan seni komunikasi, kompetensi sebagai pedagogik mendidik dan memberikan hal yang baik, dan kompetensi sebagai pengembangan kurikulum.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge