0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SE Larangan Bermotor Bagi Siswa Diterbitkan Pekan Depan

Solo – Walikota Solo Hadi Rudyatmo siap menerbitkan Surat Edaran (SE) Larangan penggunaan sepeda motor saat bersekolah. SE larangan berkendara sepeda motor bagi siswa tersebut difokuskan pada siswa yang berusia dibawah 17 tahun atau yang belum memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Rencana penerbitan SE larangan mengendarai sepeda motor saat sekolah akan dilakukan dalam waktu dekat ini. “Kemungkinan Senin pekan depan sudah diterbitkan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) kota Solo, Budhi Suharto kepada wartawan, Jumat (4/1).

Sebagai implementasinya, akan dibuat Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkot Solo dengan Polresta Solo. “Wilayah Walikota sifatnya menghimbau dengan diterbitkannya SE yang berlaku secara umum. Sedangkan untuk sanksi dan penegakan hukumnya dilakukan oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Solo,” terangnya.

Secara teknis, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) kota Solo akan menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan Satlantas Polresta Solo terkait kebijakan teknis dan pengenaan sanksi pada pelanggar.

Sementara, kewenangan Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) kota Solo hanya sebatas pada wilayah yang berada di dalam lingkungan sekolah. “Wewenang kami hanya sebatas pada wilayah di dalam lingkungan sekolah saja. Untuk sekolah tingkat SMP, tidak disediakan tempat parkir sepeda motor,” jelas Kepala Disdikpora kota Solo, Rakhmat Sutomo.

Rakhmat juga menghimbau kepada orang tua siswa untuk menanamkan pendidikan karakter di lingkungan keluarga masing-masing. “Orang tua jangan mendukung anak-anaknya yang belum mempunyai SIM untuk menggunakan sepeda motor,” katanya.



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge