0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Minta Kejelasan Status Air Cokro, Pemkot Solo Surati Gubernur

Solo – Pemkot meminta kejelasan pada Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Bibit Waluyo terkait status air di sumber mata air Cokro Tulung, Klaten. Upaya tersebut dilakukan setelah kedua wilayah, baik Pemkot Solo maupun Pemkab Klaten gagal melakukan mediasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) kota Solo Budhi Suharto menjelaskan, akhir Desember 2012 kemarin Pemkot sudah melayangkan surat permohonan fasilitasi pada Gubernur untuk meminta kejelasan terkait status air Cokro. “Kami hanya ingin memastikan status airnya, termasuk air tanah atau air permukaan,” katanya kepada wartawan, Jumat (4/1).

Dengan adanya kejelasan status air di sumber mata air Cokro, permasalahan pemanfaatan sumber mata air di kawasan itu yang melibatkan dua wilayah kota/kabupaten, bisa diurai. Sebab, sampai dengan saat ini langkah mediasi antar dua wilayah masih buntu.

“Pertemuan (dengan Pemkab Klaten) yang sudah dilakukan selama 2 kali belum bisa menyatukan persepsi,” ungkap Sekda.

Langkah satu-satunya yang bisa dilakukan hanya menunggu surat balasan dari Gubernur. Sambil menunggu surat balasan dari Gubernur, suplai air dari Pemkab Klaten kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kota Solo masih berlaku seperti biasanya. “Sampai saat ini Klaten masih menyuplai air. Dalam masa sengketa ini, suplai air jangan sampai tertunda atau terhenti,” terangnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge