0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Workshop Fotografi Bersama Eddy Hasby

Sekumpulan Foto Bisa Dibikin Klip Video, Lho!

Eddy Hasby menjelaskan tentang cara menggunakan Timelapse slider dalam pengambilan gambar yang dapat disetting sesuai pengambilan gambar yang diinginkan. (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Dunia fotografi kian hari makin berkembang. Baru-baru ini dikenalkan sebuah teknik Timelapse Photography yaitu menjadikan sekumpulan foto menjadi sebuah klip video pendek.

Berawal dari itu, dalam rangkaian acara Kompas Gramedia Solo Fiesta, digelar Workshop Fotografi mengupas tentang Timelapse Photography bersama Fotografer Senior Kompas, Eddy Hasby, di Gramedia Solo, Jumat (4/1).

“Tujuan awal dari Timelapse ini dulunya sebagai penelitian untuk gerak-gerak lambat seperti gerak perkembangan tumbuhan, cuaca, awan dan sebagainya, namun seiring perkembangan fotografi maka Timelapse ini digunakan dengan bantuan software khusus dalam menyatukan potongan gambar menjadi sebuah klip video,” ujar Eddy Hasby kepada Timlo.net, di sela workshop.

Secara teknis dikatakan, dalam permainan Timelapse dibutuhkan sedikitnya 24 capture foto untuk menghasilkan video berdurasi 1 detik. Sehingga dalam set kamera harus memperhitungkan pengambilan gambar yang sesuai untuk dijadikan sebuah video.

“Jika kita ingin menggabungkan foto-foto timelapse ke dalam klip video yang mulus, maka jadikan 24 frame per second (fps) ini sebagai patokan awal dalam menghitung durasi dan periode pemotretan, meski boleh saja memilih frame rate 15 atau 20 fps namu berimbas pada gambar yang dihasilkan akan patah-patah dan kurang bagus hasilnya. Namun apabila lebih dari 24 fps maka video yang dihasilkan akan semakin halus,” ujarnya.

Ditambahkan, saat ini Timelapse menjadi lebih mudah karena telah didukung dengan peralatan fotografi modern. Namun tantangan lainnya timbul adalah menemukan ide apa yang mau difoto, berapa lama durasinya dan barulah memikirkan teknis fotografinya.

“Kalau saat ini sudah mudah, kan sudah ada software untuk merender foto, alat pengambilan gambar dengan menggunakan Timelapse slider, penghitung pengambilan gambar dengan Timelapse calculator dan sebagainya. Namun jangan lupa itu hanya sebagai alat bantu, yang lebih menjadi tantangan terdapat pada ide, teknik fotografi dan berapa lama durasi yang diinginkan,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge