0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terkendala Kualitas Air

Pemindahan Pedagang Ikan Pasar Gede Ditunda

Pasar Ikan dan Resto Balekambang saat duresmikan Walikota Jokowi, beberapa waktu lalu (Dok.Timlo.net/daryono)

Solo – Pemindahan pedagang ikan hias Pasar Gede, Solo tidak bisa dilaksanakan awal tahun ini. Pasalnya, Pasar Ikan Hias di Depok, Manahan, Banjarsari, yang akan menjadi tempat pemindahan masih terkendala masalah kelayakan air di pasar tersebut.

Saat rapat kerja Dinas Pengelola Pasar (DPP) dengan Komisi III DPRD Solo, Kamis (4/1) Kepala DPP Solo, Subagiyo mengatakan seharusnya kios pasar ikan di Pasar Gede bisa dipindah awal Januari ini.. “Mestinya setelah 1 Januari pedagang ikan di Pasar Gede sudah bersih dan pindah ke Depok. Tetapi karena ada persoalan air yang dipersiapkan Dinas Pertanian (Dispertan) belum memenuhi standar layak bagi ikan hias, pemindahan kami tunda,” jelasnya,

Dikatakan Subagiyo, pihaknya pernah mengujikan kualitas air yang ada di Pasar Ikan Hias ke Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Solo. “Ternyata kandungan kaporitnya tinggi. Hal ini bisa menyebabkan ikan cepat mati,” bebernya.

Atas ketidaklayakan air tersebut, sambung Subagiyo, alternatifnya dengan mengambil air dari PDAM atau memperdalam sumur Dispertan tersebut. “Kalau harus berlanggangan ke PDAM akan membengkakkan anggaran. Kami memilih memperdalam sumur hingga mendapatkan kualitas air yang baik,” ujarnya.

Atas kondisi tersebut, Ketua Komisi III DPRD Solo Honda Hendarto menegaskan, permasalahan air bersih di Pasar Ikan Hias segera diselesakan. Selain itu, DPP juga harus menempatkan pedagang sesuai dengan jenis dagangannya. “Ya segera diselesaikan agar pembangunan di Pasar Gede juga bisa segera dilaksanakan sehingga bisa selesai 2013 ini,” katanya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge