0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sumbang Rp 2,866 Triliun

PPh Dominasi Penerimaan Pajak di Jateng II

PENYAMPAIAN PAJAK-Penyampaian pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Surakarta (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo —  Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah (Kanwil DJP Jateng) II mencatat, dari keseluruhan penerimaan pajak diketahui bahwa pajak penghasilan (PPh) cenderung mendominasi tingkat penerimaan.

Jenis pajak tersebut mampu membukukan pencapaian sebesar Rp 2,866 triliun dari total penerimaan Rp 5,128 triliun di sepanjang 2012. Selanjutnya, menurut Kepala Kanwil DJP Jateng II, Bambang Is Sutopo, disusul Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) sebesar Rp 1,764 triliun.

Adapun untuk pajak bumi dan bangunan (PBB), jumlah yang berhasil dihimpun mencapai Rp 363,756 miliar. Sementara pajak lainnya tercatat sebesar Rp 134,226 miliar.

“Kontribusi penerimaan pajak untuk Kanwil DJP Jateng II didominasi sektor industri pengolahan, perantara keuangan, administrasi pemerintahan, perdagangan besar dan eceran serta konstruksi yang mencapai 75,06 persen,” ungkap Bambang kepada wartawan di kantor setempat, Jumat (4/1).

Sementara itu, guna mengamankan penerimaan pajak, selain melakukan pengembangan hardskill dan softskill sumberdaya manusia, Kanwil DJP Jateng II juga agresif menggelar penyuluhan dan penyebaran informasi perpajakan pada wajib pajak (WP) dan kelompok-kelompok masyarakat.

Termasuk melalui ekstensifikasi atau penambahan WP baru maupun intensifikasi melalui imbauan dan konseling WP serta penegakan hukum. Upaya ini dilakukan melalui kegiatan pemeriksaan, penagihan dan penyidikan. Selama 2012 dari hasil kegiatan tersebut telah dapat dicairkan penerimaan sekira Rp 189 miliar.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge