0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

16 Trip Jaladara Dibatalkan, Dewan Minta Pemkot Serius

Sepur Kluthuk Jaladara (Dok. Timlo.net)

Solo – Kalangan Dewan meminta Pemkot Solo untuk serius memperhatikan Memorandum of Understanding (MoU) Sepur Kluthuk Jaladara di tahun 2013. Hal ini menyikapi dibatalkannya 16 trip perjalanan Jaladara dikarenakan habisnya MoU yang sempat terkatung-katung di akhir 2012. Pembatalan 16 trip tersebut disampaikan Dishubkominfo  Solo saat rapat kerja dengan Komisi III DPRD Solo membahas rencana kerja di 2013, belum lama ini.

“Ya MoU harus dibuat jauh hari sebelum habis. Pemkot harus memprioritaskan hal tersebut,” ungkap Ketua Komisi III Honda Hendarto kepada Timlo.net, Jumat (4/12).

Ditanya soal kerugian akibat pembatalan tersebut, Honda mengaku tidak mengetahui angka pastinya. “Saya kurang tahu berapa kerugiannya. Hanya saja, hal itu menunjukkan bahwa wisata Jaladara diminati. Terbukti, dari laporan Dishubkominfo para pemesannya dari luar Solo,” lanjutnya.

Lebih jauh, Honda menegaskan Jaladara memang tidak dilihat dari sisi finansial. “Kalau dilihat secara finansial memang tidak untung, namun melihatnya bukan dari situ. Melainkan dari sisi menarik wisatawannya sehingga mendongkrak wisata yang lainnya,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Soedrajad, mengakui pengoperasian Jaladara sepanjang 2012 lalu memang tidak menguntungkan. “Kalau dilihat secara total itu tidak meraih pendapatan dari operasional Jaladara. Tetapi dari sisi lain ini berhasil seperti perbelanjaan, kuliner dan perhotelan,” jelasnya.

Herman mengungkapkan Jaladara mampu mem-branding Kota Bengawan pada 2012 lalu. Lantaran hal tersebut, pihaknya berupaya memaksimalkan langkah branding melalui Jaladara itu guna mendongkrak sektor perekonomian di Kota Solo.

Terkait anggaran Jaladara di APBD 2013, Herman mengatakan anggran Rp798 juta dialokasikan guna operasional Jaladara. “Anggaran itu bukan untuk sewa, tetapi operasional seperti untuk membeli kayu dan perawatan,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge