0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PPP Tuntut Komitmen Bupati Wonogiri

Ketua DPC PPP (Partai Persatuan Pembangunan) Wonogiri,Anding Sukiman. (Dok.Timlo.net/ Aris Arianto)

Wonogiri — DPC PPP (Partai Persatuan Pembangunan) Wonogiri menuntut komitmen Bupati Danar Rahmanto saat meneken kontrak politik sebelum terpilih menjadi Bupati. Khususnya soal pembangunan di desa.

Ketua DPC PPP Wonogiri Anding Sukiman menuturkan, Danar Rahmanto telah menandatangani kontrak politik pada tanggal 23 April 2010. Ketika itu, PPP menjadi salah satu parpol pendukung Danar. Dalam pasal 9 huruf N menyebutkan, jika terpilih menjadi bupati, akan memperkuat peran serta masyarakat dalam pelaksanaan program pembangunan, khususnya infrastruktur di pedesaan.

“Sampai saat ini belum ada perwujudan komitmen itu. Desa masih dijadikan semacam klien dalam struktur politik dan pemerintahan. Contohnya, dalam hal DAD, per desa hanya mendapat Rp 60 juta pertahun. Sangat tidak memenuhi kebutuhan di desa,” terang Anding, Jumat (4/1).

Semestinya, menurut Anding, desa diberi kewenangan mengatur keuangan sendiri. Bukan lagi sebatas klien politik. Manifestasinya, setiap desa diberi anggaran Rp 200 juta per tahun. “Di Wonogiri ada 251 desa, sehingga total kebutuhan sekitar Rp 50,2 miliar. Menurut saya, ini sangat mampu diwujudkan di Wonogiri melalui APBD,” katanya.

Disebutkan Anding, dalam waktu dekat dirinya akan menemui Bupati Danar Rahmanto guna membahas penagihan komitmen tersebut.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge