0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nokia Mundur dari Bisnis Ponsel?

Nokia. (Dok:Timlo.net/Ranu)

Timlo.net — Nokia mencoba mengembalikan posisinya sebagai pemimpin dalam pasar Ponsel (telepon seluler) dengan meluncurkan Lumia 920. Penjualan smartphone ini kelihatannya memang cukup baik setelah sempat jatuh. Tapi menurut pendiri Keepskor dan kontributor Forbes Tristan Louis, usaha Nokia ini mungkin akan sia-sia. Dalam prediksinya, tahun 2013 akan menjadi tahun perubahan yang besar untuk industri mobile dan keputusan Nokia untuk mundur dari pasar ponsel akan menjadi salah satu kejadian paling diingat di tahun ini.

“Kejutan terbesar (dan yang saya anggap sebagai prediksi paling kontroversial), adalah mundurnya Nokia dari bisnis ponsel karena perusahaan tersebut menjual divisi operasi dan infrastruktur mobilenya kepada Huawei dalam rangka untuk fokus pada produk software dan layanan-layanan,“ tulis Louis.

Menurutnya, dengan taruhan perusahaan itu kepada Windows 8 yang gagal di pasaran, maka kita akan melihat Microsoft dan Huawei berkompetisi untuk mendapatkan divisi peralatan ponsel. “Dan mungkin Nokia akan menjual kelompok smartphone-nya ke Microsoft dan sisa keuntungan telecom ke Huawei,” ujar Louis.

Louis dikenal karena kebanyakan prediksinya yang masuk akal, demikian dilansir BGR.com, yang didukung oleh rumor-rumor yang sudah beredar berbulan-bulan. Tapi prediksi tentang Nokia, Microsoft dan Huawei ini tidak didukung oleh rumor-rumor apapun.

Memang Nokia sempat dirumorkan bahwa mereka sempat berdiskusi untuk kemungkinan menjual bisnis Ponsel kepada Microsoft pada 2011, tapi perusahaan Filandia ini menolak rumor ini.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge