0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ivan Ufuq Isfahan, Anak Autis Jago Melukis

()

Karanganyar — Ratusan lukisan berjajar indah menempel menghiasi dinding rumah Ivan Ufuq Isfahan di Desa Gawanan, Colomadu, Karanganyar. Siapa sangka, karya-karya tersebut lahir dari tangan bocah berusia 12 tahun yang menderita autis.

Bakat menggambar Ivan, panggilan akrabnya nampak sejak dirinya berusia 3 tahun. Waktu itu, ibunda Ivan, Dewi Candraningrum melihat anaknya begitu eksprsif dalam melukis ketimbang hal lainnya.

“Anak saya sangat ekspresif sekali ketika berhadapan dengan kertas, kuas dan pensil. Setelah itu melukiskan apa yang terlintas dipikirannya. Saya tahu, melalui karya lukisannya dirinya ingin mengungkapkan perasaannya tersebut,” ujarnya, baru-baru ini.

Bagi Dewi, kelebihan Ivan merupakan anugerah baginya ditengah kekurangannya tersebut. Sudah beberapa karya dari Ivan dijadikan ilustrasi novel karya penulis ternama seperti Ayu Utami dan Okki Madasari.

“Beberapa penulis ternama telah menggunakan karya anak saya sebagai ilutrasi mereka, sebut saja seperti mbak Okki dalam karya Entrok. Sedangkan mbak Ayu telah memesan lukisan orang bermain dakon dan beberapa karya lainnya.

Dewi juga mengungkapkan, dirinya sama sekali tidak terpikirkan akan mempunyai anak yang didiagnosis Attencion Deffisit Hyperactivity Disorder (ADHD) sejak usia 1,5 tahun. Meski demikian, ia bersyukur diberikan anak yang mempunyai kelebihan.

“Meskipun Ivan menderita autis, namun saya bersyukur dirinya diberikan kelebihan oleh Tuhan dalam hal melukis,” pungkas Dewi.

Rencananya, di bulan Mei nanti karya lukisan Ivan akan dipamerkan dalam Festival Muara di Jakarta. Hal itu dilakukan untuk menginspirasi dan memotivasi anak-anak lain yang serupa dengan Ivan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge