0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tingkatkan Profesionalisme, Polres Gelar Workshop Olah TKP

Salah satu simulasi olah TKP yang dilakukan Polres Sragen, Kamis (3/1). (dok.timlo.net/agung)

Sragen — Anggota Polres Sragen melakukan workshop dan simulasi olah TKP (tempat kejadian perkara). Kegiatan ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan masyarakat mengenai tindak pidana yang dilaporkan ke Mapolres. Salah satunya adalah mengelola kemampuan teknis Reskrim dengan benar sesuai dengan petunjuk pelaksana (juklak) dan petunjuk teknis (Juknis) yang benar.

Kapolres Sragen AKBP Susetio Cahyadi menyatakan, peristiwa pembunuhan di depan Kampus Yappenas beberapa waktu lalu adalah contoh bagaimana petugas Reskrim bisa melakukan olah TKP dengan benar. Di mana polisi langsung merespon dengan cepat begitu ada kejadian dan melakukan langkah-langkah investigasi dan mencari sampai detail di TKP, sehingga semua bisa terungkap.

“Kita ingin TKP itu berbicara, TKP itu memberikan bukti-bukti awal. Penanganan di Yappenas itu menjadi guru atau contoh yang baik,” kata Kapolres kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (3/1).

Susetio menyatakan, sebenarnya workshop yang dilakukan Polres Sragen merupakan instruksi Kapolda Jawa Tengah kepada para Kapolres, agar polisi back to basic, dalam arti melakukan langkah-langkah penanganan kasus secara profesional  berdasarkan cara-cara yang ilmiah.

“Sinyal itu diberikan oleh Kapolda dan saya Kapolres pertama yang merespon. Hari ini saya langsung melakukan whorkshop bersama para anggota,” ujarnya.

Dengan workshop tersebut akan diketahui dan bisa menyamakan persepsi ketika berada di TKP, siapa yang bertanggung jawab dan siapa berbuat apa ketika ada kejadian. Dengan begitu keberadaan TKP akan murni, tidak hancur oleh masyarakat yang  ikut datang ke TKP hanya sekadar untuk  melihat olah TKP.

Dalam simulasi dan workshop olah TKP yang berlangsung sehari tersebut diikuti 145 peronel Polres Sragen yang terdiri dari Kapolsek, Kanit Reskrim, anggota Reskrim dan anggota Polres Sragen lainnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge