0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rame-rame Jadi Relawan Merapi

Pemkab Klaten Terjunkan Ratusan PNS ke Balerante

Klaten – Guna membantu korban erupsi Gunung Merapi supaya segera bangkit lagi, ratusan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Klaten, kemarin, dikerahkan menjadi relawan.

Para abdi negara itu diterjunkan di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang untuk membantu warga membersihkan material vulkanik yang menghancurkan rumah mereka. Para PNS ini sengaja diperintahkan Bupati Klaten untuk membantu membersihkan lingkungan dan rumah korban letusan Merapi secara bergiliran.

Setiap harinya rata-rata ada ratusan PNS diterjunkan didaerah itu guna meringankan beban warga Balerante. Secara berkelompok, para pegawai ini bergotong royong membersihkan puing-puing bangunan yang hancur. “Kami bergotong royong bersama-sama warga membersihkan puing-puing dari rumah satu ke rumah lainnya,” ujar Kliwonioso, salah satu relawan PNS.

Di desa itu, para relawan PNS ini membantu mengeluarkan debu vulkanik dari dalam rumah warga yang ketebalannya mencapai hingga belasan centimeter. Selain itu mereka juga membantu mengevakuasi beberapa harta benda para korban Merapi yang masih terkubur material vulkanik.

Dengan diterjunkannya para relawan ini, warga Balerante merasa terbantu dan lebih bersemangat. Mereka berharap kegiatan semacam itu terus dilakukan hingga daerah Balerante benar-benar kembali dalam kondisi normal. “Kami merasa lebih ringan jika ada relawan yang ikut membersihkan desa ini dari abu vulkanik,” ujar Surani Sedyoutomo, warga Balerante.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge