0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ternyata, Bayi Sebelum Lahir Sudah Paham Bahasa

Puluhan ibu menyusui massal di RSUD Sukoharjo dalam rangka pencanangan Gerakan Memasyarakatkan ASI Eksklusif (dok.timlo.net/sahid b sutanto)

Timlo.net — Penelitian sebelumnya menyimpulkan bahwa bayi baru bisa memahami bahasa sekitar enam bulan setelah mereka lahir. Tapi sebuah penelitian baru menyarankan bahwa bayi yang baru lahir ternyata sudah memahami bagian tertentu dari bahasa. Mereka bisa membedakan bahasa daerah dan bahasa asing dan dengan cara yang benar-benar aneh menunjukkan bahwa mereka tahu perbedaannya.

Para peneliti melakukan penelitian terhadap 40 bayi laki-laki dan perempuan berusia 7 hingga 75 jam di Tacoma, Washington, Amerika Serikat (AS) dan Stockholm, Swedia. Mereka menetapkan ukuran yang cukup aneh untuk mengukur seberapa baik para bayi mengenali bahasa. Ukuran tersebut adalah berapa lama bayi menghisap dot yang terhubung ke sebuah komputer.

Pertama para peneliti membagi bayi Swedia dan Amerika ke dalam dua kelompok. Di dalam masing-masing kelompok, mereka menyediakan sebuah dot untuk mendeteksi kapan bayi menghisapnya. Lalu para peneliti mulai membacakan kata-kata dengan huruf vokal, demikian dilansir oleh Popular Science. Setengah dari para bayi dari masing-masing kelompok mendengar huruf vokal dalam bahasa daerah mereka. Setengah lagi mendengar huruf vokal dalam bahasa asing. Para bayi secara konsisten menghisap dot lebih cepat saat mereka mendengar bahasa asing.

Suara huruf vokal merupakan bagian bahasa yang paling keras dan karenanya, menurut para peneliti, gampang dikenali saat bayi di dalam rahim. Penelitian lain mencoba mencari tahu bila bayi yang baru lahir bisa mengenali musik atau frasa-frasa tertentu, tapi mengenali suara vokal adalah sesuatu yang lebih fundamental.

Selama sepuluh minggu pertama kehamilan, para peneliti berkata bahwa para bayi mulai menghafal suara-suara. Jadi hati-hatilah dengan bahasa yang Anda gunakan saat berada di dekat ibu hamil.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge