0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kirab Sanggar Seni dan Budaya Bumi Manunggal

Kirab, Nguri-Uri Aset Kebudayaan Jawa

Klaten – Kirab adat Sanggar Seni dan Budaya Bumi Manunggal (SSBBM) di Dukuh Pandanan, Desa Soropaten, Kabupaten Klaten, Kamis (16/12), berlangsung meriah.

Kirab diawali dari depan makam Kyai Karsorejo, tokoh pejuang jaman penjajahan Belanda. Dengan pakaian adat Jawa mereka mengelilingi desa dengan berjalan kaki. Iring-iringan peserta kirab mulai dari drumband hingga reog membuat perhatian warga yang sebagian besar masyarakat setempat.

Mulai anak-anak hingga orang tua juga larut dalam momen tahunan itu. Kegiatan itu oleh masyarakat setempat dijadikan momen tahunan satiap Bulan Suro. ”Kirab itu untuk mengenang suwargi Eyang Kyai Karsorejo, karena semasa hidupnya kirab seperti ini pernah ada. Sekarang kita tinggal melanjutkannya,” ujar Rumiyati, Kepala Desa Soropaten kepada wartawan, Kamis (16/12).

Dikatakannya, kegiatan itu juga untuk nguri-uri aset kebudayaan dengan tujuan agar tetap lestari di kalangan masyarakat setempat. Rumiyati menambahkan, peninggalan sejarah di Dukuh Pandanan cukup banyak, yaitu berupa Tugu Waseso, Gapuro, Sendang Pancuran dan bangunan kuno lainnya..Semua itu merupakan cagar budaya yang harus dilindungi agar tetap terawat.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge