0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Didanai Rp 17,5 Miliar, Pembangunan Terminal Solo Dilanjutkan

Terminal Tirtonadi Solo sisi barat yang baru selesai dibangun dan mulai dioperasikan (Dok.Timlo.net/ Daryono)

Solo —  Setelah menyelesaikan pembangunan Terminal Tirtonadi sisi barat, Pemkot Solo bakal melanjutkan pembangunan sisi tengah terminal tersebut pada tahun ini. Guna pembangunan tersebut telah disiapkan anggaran Rp 17,5 miliar.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Yosca Herman Soedrajat mengatakan anggaran Rp 17,5 miliar itu berasal dari APBD 2013 senilai Rp10 miliar dan APBN senilai Rp 7,5 miliar. “Pembangunan tahun ini difokuskan untuk menyelesaikan sisi tengah terminal untuk penyelesaian lantai I, melanjutkan dari sisi barat kemarin,” katanya, Kamis (3/1).

Saat ini, Detail Enginering Design (DED) untuk kelanjutan pembangunan terminal itu sudah ada sehingga bulan ini proses lelangnya bisa dimulai. “Januari ini sudah bisa lelang,” imbuh Herman.

Herman menargetkan, pembangunan tahap pertama dari APBD sebesar Rp 10 miliar diperkirakan selesai maksimal enam bulan. “Pengalaman di 2010, karena waktu itu pekerjaan yang paling berat selesai selama empat bulan. Untuk pembangunan kali ini maksimal enam bulan atau Agustus bisa selesai,” ungkapnya.

Begitu pembangunan tahap I selesai, pembangunan akan dilanjutkan melalui anggaran dari APBN sebesar Rp 7,5 miliar. “Untuk lelang dan perencanaan itu langsung dari pusat,” tambahnya.

Atas rencana tersebut, Ketua Komisi III DPRD Solo Honda Hendarto, mengharapkan pengumunan lelang melalui layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) bisa ditayangkan sesegera mungkin. Hal ini supaya pembangunan tahap I selesai tepat waktu sehingga bisa langsung dilanjutkan pembangunan tahap II dari APBN.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge